Aktivitas Generasi Milenial Dalam Menghadapi Pandemi


Ilustrasi freepik.com


Pademi ini memberi arti yang beragam dalam kehidupan, ada yang terus berjuang sampai darah penghabisan dan ada pula yang pasrah menerima keadaan. Akhir-akhir ini kehidupan kita rubah 180 derajat dari biasanya. Pandemi korona berefek pada seluruh lini kehidupan kita. Aktivitas berkerumun dan nongkrong-nongkrong terpaksa dikurangi bahkan dilihangkan.


Mungkin bagi sebagian dari kita ada yang merasa santai-santai saja dengan adanya korona sebab tidak berpengaruh bagi dirinya. Namun bagi saya dan kebanyakan anak muda lain terlalu lama berada dirumah tanpa dapat bersua serta canda tawa menimbulkan efek jenuh tiada habisnya. Bukan orang Indonesia namanya kalau tidak punya banyak akal dan cara untuk mengusir kejenuhan yang melanda. Dalam memanfaatkan waktu, generasi milenial tetap beraktifitas agar tidak mati gaya. Disini saya akan menguraikan kegiatan-kegiatan generasi muda selama pandemi melanda, ada yang sama? yuk simak bersama.


Meningkatkan Literasi

Kegiatan baca dan tulis merupakan gerbang awal terbukanya cakrawala pengetahuan saya selama pandemi ini. Berawal dari banyaknya buku yang berjejer rapih di rak buku yang hanya sampai batas niat untuk membacanya. Setelah pada titik jenuh dan saya memaksakan diri untuk membaca satu buku hingga menyelesaikannya, tak disangka banyak ide yang muncul dalam kepala untuk mencoba menuliskan untaian-untaian gagasan yang ada.


Literasi memberikan kita banyak manfaat diantaranya: mendapat referensi pengetahuan baru, memperkaya perbendaharaan kata, meningkatkan daya berpikir kritis, serta menambah khazanah keilmuan. Selagi masih banyak kegiatan dirumah, manfaatkan waktu kalian untuk meningatkan liiterasi.


Konten Kreator

Banyak hal seru dan menarik yang dapat dibagikan kepada khalayak manusia. Saat ini generasi milenial senang sekali untuk menunjukkan karyanya, banyak bermunculan para konten kreator baru yang bermuculan menunjukkan kemampuannya. Namanya  dengan cepat melejit dan dikenal banyak orang sehingga menjadi berkah bagi dirinya.


Jangan iri dulu, kamupun bisa untuk jadi konten kreator. Banyak hal dalam kehidupan yang bisa dijadikan keunggulan dirimu seperti memasak, berkebun, otomotif, merawat hewan peliharaan, dan banyak lainnya. Tunjukkan kekhasan yang kamu miliki, abadikan hobi yang kamu sukai lalu pergunakanlah media sosial yang kamu miliki sebagai senjata utama. Ingat! Membuat mie instan saja perlu proses maka sama halnya dengan membuat channelmu, perlu waktu dan keistiqomahan dalam membesarkannya.


Gammers Sejati

Perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat membuat permaian dalam gadget semakin beragam dan menarik. Memainkan game dalam gadget sebagai sarana hiburan dan hobi tentu diperbolehkan, apalagi sekarang banyak gammers yang bisa meraup penghasilan dari bermain game. Tidak dipungkiri juga bahkan saat ini e-sport juga telah dikembangkan menjadi kompetisi dengan skala internasional. Hal tersebut tentunya didukung dengan jam terbang tinggi dalam bermain sebuah game sehingga menjadi pro player.


Namun perlu menjadi perhatian, jangan sampai gara-gara game kalian lupa untuk melaksanakan kewajiban sebagai manusia dan mengabaikan kesehatan sehingga mencelakakan diri sendiri. Hubungan sosial sesama teman dan tetangga jangan sampai terkorbankan akibat kecanduan game yang berlebihan. Tetap atur diri agar dapat menguasai hawa nafsu bukan sebaliknya.


 

Masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan oleh generasi milenial selama pandemi berlangsung yang belum saya sebutkan yang dapat kalian lanjutkan. Tingkatkanlah aktivitas yang dapat menunjang  perkembangan diri anda. Banyak kemampuan yang bisa dilakukan dan ditunjukkan kepada orang lain yang belum nampak. Sebagai generasi milenial kita harus mampu meningkatkan kreatifitas, inovasi, dan daya saing sebagai senjata utama dalam memajukan bangsa dan negara. Jangan malu dan ragu jika kita bisa, tunjukkan! (Mufti Alhakiki)

Komentar