88 Tahun Berdiri, Sinergi Mencerahkan Negeri


88 Tahun Berdiri, Sinergi Mencerahkan Negeri






Hari ini 02 Mei 2020 tepat 88 tahun organisasi otonom Muhammadiyah Pemuda Muhammadiyah merayakan miladnya. Sejauh perjalanannya organisasi kepemudaan ini memberkan eksistensinya untuk berjuang dimasyarakat dengan semangat Amar Ma’ruf Nahi Munkar Pemuda Muhammadiyah selalu berusaha membantu menyinari negeri. Fastabiqul Khairat menjadi jargon yang selalu dibawakan oleh para anggotanya, jargon tersebut bukan hanya sebuah kata pemanis belaka saja melainkan di setiap gerakan yang dilakukan oleh Pemuda Muhammadiyah harus berlandaskan semangat untuk menjadi yang terbaik guna memberikan kebermanfaatan yang besar bagi bangsa, persyarikatan, dan agama. Keikhlasan menjadi hal utama dalam menjalani setiap pergerakan yang ada, tanpa adanya rasa keikhlasan yang melandasi perjuangan di Pemuda Muhammadiyah tidak akan berjalan dengan gembira. Uniknya pergerakan ini juga karena kultur jaringan massa yang sangat luas yakni mencakup elemen masyarakat sehingga meminjam kata-kata gurunda kami ustaz Anton Ismunanto bahwa Pemuda Muhammadiyah Dakar rumput sendiri terbentuk oleh gejolak masyarakat yang disebut floating Mass (massa yang mengambang) sehingga tidak heran ketika banyak anggota yang jika sedang semangat ia hadir dan jika sedang malas atau sedang ada masalah ia pun pergi. Hal itulah yang dirasakan pada tingkatan akar rumput. Namun dengan bebrbagai daya dan upaya yang ada Alhamdulillah sedikit-sedikit pergerakan diranah akar rumput masih bisa dipertahankan dan masih ada pergerkan hingga kini sebab pada intinya dari tingkatan pusat hingga ranting semua bahu-membahu demi mengokohkan bangunan organisasi kepemudaan ini sehingga tetap berdiri tegak.


Pesan Milad Pemuda Muhammadiyah yang telah disampaikan oleh banyak tokoh memberikan semangat kepada pemuda Muhammadiyah bahwa dakwah yang telah dlakukan jangan sampai terputus dan harus tetap dilanjutkan. Semangat Amar Ma’ruf Nahi Munkar harus selalu diteguhkan. Pemuda Muhammadiyah jangan mudah terombang-ambing oleh derasnya gelombang keburukan. Pemuda Muhammadiyah juga diharapkan mampu memamndang jauh ke depan, memiliki visi yang luhur tanpa melupakan sejarahnya. Dan yang terpenting adalah banyak tokoh politik jebolan Pemuda Muhammadiyah, hal tersebut sangat dibolehkan karena Muhammadiyah tidak apolitis namun pesan Buya Syafii Maarif agar para kader Pemuda Muhammadiyah menyipakan dirinya untuk menjadi negarawan dengan komitmen tinggi untuk menegakkan keadilan demi membela rakyat miskin. Saat ini Indonesia butuh negarawan-negarawan yang memiliki kepribadian yang kuat serta berprinsip yang luhur demi mengkokohkan persatuan dan keutuhan bangsa, Indonesia tidak kurang orang baik namun perlu ditanamkan sifat kejujuran demi mewujudkan Indonesia yang adil dan berdaulat. Pemuda Muhammadiyah diharapkan pula menjadi kawah candradimuka para kader-kader untuk membentuk mental, jujur, arif, bijaksana, tangguh, serta memiliki jati diri yang kuat sehingga nantinya siap tampil untuk bisa berkhidmat bagi bangsa yang besar ini.


Milad Pemuda Muhammadiyah tahun ini  berlangsung tanpa adanya hingar-bingar kemeriahan acara yang mengumpulkan dan melibatkan orang banyak sebab masih berada ditengah pandemi Covid-19. Semangat Pemuda Muhammadiyah di berbagai daerah dalam memerangi wabah ini sangat baik, cepat, dan tepat. Pemuda Muhammadiyah diberbagai daerah terjun langsung ke dalam masyarakat dalam memberikan edukasi mengenai bahaya virus ini, membuat gerakan berbagi hand sanitizer, sabun cuci tangan, membagikan masker secara gratis, hingga melakukan pendistribusian Sembako kepada warga yang terkena efek pandemi ini. Hal-hal yang dilakakukan Pemuda Muhammadiyah diberbagai daerah inilah yang membuktikan Pemuda Muhammadiyah selalu siap hadir di masyarakat dengan semangat Fastaiqul Khairat yang selalu dipertahankan. Semua dilaksanakan tanpa pamrih dengan tujuan mempertahankan keutuhan bangsa dan menyelamatkan masyarakat dari kesusahan yang sedang dialami. Seperti lambangnya melati, Pemuda Muhammadiyah tidak hanya harum untuk diri sendiri tetapi juga untuk seluruh negeri. Eksistensi Pemuda Muhammadiyah harus tetap dipertahankan. Selalu bergerak maju demi bangsa Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera. Selamat Milad ke-88 Pemuda Muhammadiyah, semoga dapat meneguhkan solidaritas, menebar kebaikan kepada masyarakat, serta mencerahkan semesta. (Mufti Alhakiki)








   

Komentar